DANKODIKLATAL: TAHUN 2018 ADALAH TAHUN POLITIK TNI HARUS NETRAL DAN SOLID

Senin, 04/12/2017 12:50 WIB

Kodiklatal, (4/12).

            Tahun 2018 adalah tahun politik, dalam menghadapi tahun tersebut saya berharap Prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) harus netral dam solid serta memegang teguh disiplin. Demikian disampaikan Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P dalam apel Khusus Gabungan prajurit Antap, siswa dan ASN Kodiklatal bulan Desember 2017 yang dilaksanakan di lapangan apel Laut Maluku Kesatrian Bumimoro Kodiklatal, Senin, (4/12).

Hadir dalam apel khusus tersebut Wadan Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Kasirun Situmorang, S.H, Dirdiklat Kodiklatal Laksma TNI Gregurius Agung W.D, M. Tr (han), Direktur Umum Kodiklatal Laksma TNI Bernhard Setya Budiheruyono, Direktur Doktrin Laksma TNI Irwan Ahmadi M.Tr (Han), Komandan Kodikopsla Laksma TNI Maman Firmansyah, Dirjianbang KolonelLaut (E) Budi Kalimantoro,  para Komandan Kodik , Pusdik  dan Komandan Sekolah dilingkungan Kodiklatal.

Lebih lanjut Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P menyampaikan dalam tahun politik tersebut para prajurit dan ASN harus waspada dengan berita hoax dari media social yang sifatnya mengadu domba.  Sehubungan dengan berita tersebut agar para prajurit selalu mengecek kebenaran tentang berita kepada pimpinan satuan dan jangan ikut menyebar luaskan berita hoax agar tidak terjadi gesekan yang membuat emosi prajurit sehingga terpecah belah.

Orang nomor satu dijajaran Kodiklatal ini mengingatkan selain waspada terhadap hoax para prajurit dalam menghadapi tahun politik tersebut harus netral. TNI harus menjadi penengah dan tiang penyangga tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena politik TNI adalah politik Negara yang harus taat pada hukum, undang-undang dan Presiden sebagai Panglima tertinggi TNI.

“Saya berharap Prajurit Kodiklatal bersama TNI Polri harus solid, memegang teguh disiplin dan loyalitas, menegakkan moralitas dan etika serta jangan mengorbankan organisasi demi materi.” Tegas Komandan Kodiklatal Laksda TNI darwanto, S.H., M.A.P .

Disisi lain Komandan Kodiklatal menyampaikan pada medio Desember  2017 atau bulan Januari 2018 setelah pelaksanaan Rapim TNI 2017, akan diselenggrakan Rapim TNI AL dengan tujuan untuk melaksanakan evaluasi umum pelaksanaan program dan anggaran tahun 2017 dan rencana pembangunan TNI AL tahun 2018, serta menyampaikan kebijakan perencanaan TNI AL tentang program dan anggaran tahun 2018.

Berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan tersebut kepada Kepala Satuan Kerja (Kasatker) dilingkungan Kodiklatal agar mempersiapkan Lapko sesuai bidang masing-masing untuk dikompilir sebagai bahan Lapko Kodiklatal