Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Hadiri Makan Ikan Bersama Yayasan Hangtuah

Kamis, 11/01/2018 15:15 WIB

Kodiklatal, (11/1).

                Ketua Gabungan Jalasenastri Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Ny Ina Darwanto mendampingi Ketua Pembina Yayasan Hangtuah Ny. Endah Ade Supandi  menghadiri acara Makan Ikan Bersama Yayasan Hang Tuah  dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 71  Yayasan Hang Tuah yang dipusatkan di Sekolah SMA Hangtuah 1 Jl Lumba-Lumba no 27  Surabaya.

                Peringatan hari jadi yayasan Hangtuah yang diisi dengan kegiatan makan ikan secara serentak tersebut melibatkan sedikitnya  28.206 siswa seluruh Indonesia yang terdiri dari 38 satuan pendidikian (Satdik) yayasan hang Tuah wilayah Indonesia. 

Adapun 38 satuan Pendidikan terdiri tersebut meliputi cabang Dumai, Padang, Bengkulu, Jakarta, Cirebon Lampung, Panjang, Tanjung Pinang, Tanjung Uban, Batam, Dabo Singkep, Tanjung Balai Karimun, Surabaya, batuporon, semarang,-malang, Tegal, Cilacap, Banyuwangi, Makasar, Kendari, Kupang, Mataram, Manado, Ambon, Tual ,Jayapura, Biak, Timika,hingga Merauke.

Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny Endah Ade Supandi dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan lomba dan makan ikan dalam rangka perayaan HUT Yayasan Hang Tuah ke 71  ini merupakan wujud rasa syukur sekaligus menjadi tindakan nyata mewuiudkan cita-cita mencerdaskan anak bangsa yang mempunyai nilai yang sangat berarti dalam mengembangkan pendidikan sekarang ini

Menurutnya  sebagai lembaga pendidikan yang berkarakter bahari, Yayasan Hang Tuah terus mendukung dan mensukseskan program-program pemerintah dalam meniadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Untuk itu Yayasan Hang Tuah telah menyusun kurikulum longitudinal kebaharian sebagai muatan wajib bagi Satdik Hang Tuah yang saat ini kurikulum tersebut sudah diterima, dan menjadi kurikulum kemaritiman, dan sedang dalam proses untuk diimplementasikan sebagai kurikulum nasional.

Kedepan nantinya seluruh sekolah di Indonesia akan mengimplementasikan materi kebaharian/kemaritiman kepada para siswa guna menumbuhkan jiwa kebaharian kepada generasi penerus bangsa.

Kepada seluruh guru di lingkungan Yayasan Hang Tuah ketua pembina ini  berpesan agar tetap semangat untuk menanamkan karakter bahari sebagai ciri khas satdik hang tuah kepada seluruh peserta didik disamping tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pendidik dl sekolah.

Sedangkan kepada para siswa Ny. Endah Ade Supandi ini berpesan agar terus belajar dengan sebaik-baiknya dan meraih prestasi setinggl-tingginya dan mengingatkan agar Jangan lupa untuk tetap gemar makan ikan karena nutrisi ikan sangat baik untuk meningkatkan tingkat kecerdasan kita khususnya bagi anak-anak dalam usia pertumbuhan