Tari Gandrung Banyuwangi, Meriahkan Sertijab Tiga Jabatan Strategis Kodiklatal

Senin, 12/03/2018 14:35 WIB

Kodiklatal, (12/3).

            Tiga jabatan strategis dilingkungan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) diserah terimakan. Ketiga Jabatan tersebut adalah Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum), Komandan Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Danpuslatdiksarmil) dan Komandan Detasemen Polisi Militer (Dandenpomal) Kodiklatal. Adapun serah terima jabatan tersebut dipimpin langsung Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P di Lapangan Laut Maluku Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

            Jabatan Komandan Kodikdukum Kodiklatal diserahterimakan dari Kolonel Laut (T) Toto Dwijaya Saputra, S.T., M.Si. (Han) kepada Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan, jabatan Komandan Puslatdiksarmil diserahterimakan dari Kolonel Marinir Nuri Adrianis Djatmika kepada Kolonel Marinir Agus Dwi Laksana P. dan Jabatan Komandan Detasemen Polisi Militer diserah terimakan dari Letkol (PM) Totok Safariyanto, S.H kepada Letkol Laut (PM) Hendarwan Setiawan, S.Pd.

            Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan putra kelahiran Magelang 16 September 1971  yang juga Alumni AAL 39 ini sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Pangarmatim sedangkan Kolonel Laut (T) Toto Dwijaya Saputra, S.T., M.Si. (Han) selanjutnya menempati jabatan Kasatharmatbar Dismatal Mabesal.

            Kolonel Marinir Agus Dwi Laksana P yang merupakan alumni AAL 38 ini sebelum menempati jabatan Komandan Puslatdiksarmil Kodiklatal menempati jabatan Dosen Sesko Mabes TNI sedangkan Kolonel Marinir Nuri Adrianis Djatmika selanjutnya mendapat amanah menempati jabatan Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut.

            Letkol Laut (PM) Hendarwan Setiawan, S.Pd sebelum menjabar Komandan Denpomal Kodiklatal menjabat Kasigaktib Denpomal Koarmatim sedangkan Letkol Laut (PM) Totok Safariyanto, S.H selanjutnya menempati jabatan Dirditgakkum Puspomal Mabesal.        

Dalam sambutanya Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P menyampaikan bahwa kegiatan serah terima jabatan sangat terkait dengan siklus penu-gasan personel dalam rangka memberi kesempatan dan peluang kepada personel terpilih untuk dapat lebih mengembangkan kemampuan profesi dan kepemimpinannya. Melalui pembaruan kepemimpinan, diharapkan akan terjadi kaderisasi dan kesinambungan kepemimpinan guna memantapkan manajemen organisasi untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik, responsif dan antisipatif dalam menghadapi dinamika dan tantangan tugas ke depan yang menjadi tanggung jawabnya.

Menurutnya sebagai eselon pelaksana Kodiklatal, Kodikdukum memiliki peran dan tugas yang sangat penting dan strategis dalam mendukung tercapainya pelaksanaan tugas Kodiklatal untuk menghasilkan lulusan yang profesional dalam mengawaki bidang dukungan umum TNI AL. Peran strategis Kodikdukum lainnya adalah menghasilkan produk pengkajian dan pengembangan doktrin dukungan umum operasi matra laut tingkat taktik, yang meliputi bidang teknik, elektronika, administrasi, kesehatan, kepolisian militer TNI AL, serta pemadaman kebakaran, penanggulangan bahaya nuklir, biologi dan kimia.

Sedangkan peran Puslatdiksarmil dalam sistem pendidikan TNI AL menjadi sangat penting karena kualitas hasil didik yang dicapai akan menjadi fondasi yang sangat berpengaruh bagi jenjang pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu, pola pendidikan dasar keprajuritan harus terus dikembangkan dan ditingkatkan, termasuk kualitas tenaga pendidiknya seperti gumil, instruktur dan pembimbing siswa.Oleh karena itu, dengan me-nempatkan personel gadik yang terbaik, diharapkan dapat memberikan contoh dalam berperilaku, bersikap dan bertindak sebagai seorang prajurit TNI AL serta mampu me-nyampaikan materi pelajaran dengan baik dan benar, sehingga siswa mempunyai sikap dan postur serta kemampuan intelektual yang bagus sebagai dasar melanjutkan pendidikan dasar golongan lanjutan di pusdik-pusdik terkait sesuai kejuruan.

Sementara Komandan Denpomal Kodiklatal, sebagai eselon pelayanan Kodiklatal memiliki tugas yang penting dalam penegakan hukum pidana dan disiplin serta memelihara ketertiban di lingkungan antap dan siswa Kodiklatal, agar memberikan kontribusi positif dalam pencapaian pelaksanaan tugas Kodiklatal. Oleh karena itu, Komandan Denpomal diharapkan mampu melaksanakan koordinasi dan kerja sama dengan unsur Pomal lain di dalam maupun di luar Kodiklatal untuk kepentingan pelaksanaan tugas fungsi polisi militer di lingkungan Kodiklatal sesuai dengan tingkat dan lingkup kewenangannya. Untuk menciptakan kondisi Kodiklatal yang tertib serta menekan angka pelanggaran disiplin maupun tindak pidana yang dilakukan oleh anggota militer, Pegawai Negeri Sipil maupun siswaKodiklatal, diharapkan anggota Denpomal harus dapat menjadi contoh dan teladan bagi anggota yang lain. 

Dalam serah terima tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan tari Gandrung Banyuwangi yang dimainkan sedikitnya 100 penari. Adapun tari Gandrung ini didatangkan langsung dari sanggar seni Banyuwangi.