Kodiklatal Gelar Malam Pentas Seni Ala Banyuwangi

Selasa, 13/03/2018 13:58 WIB

 

Kodiklatal, 13 Maret 2018,--

Usai menghelat acara sertijab Dirdiklat, Dankodikdukkum, Danpuslatdiksarmil serta Dandenpom, Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Kodiklatal) menggelar acara malam pentas seni yang digelar di Gedung Mulyadi, Bumimoro, Surabaya (12/3).

Acara yang sejatinya merupakan sarana untuk pamitan dan sekaligus memperkenalkan diri tersebut, diselenggarakan dengan sederhana namun tidak mengurangi kemeriahan acara. Nuansa adat pedesaan Banyuwangi menjadi tema dalam acara lepas sambut yang dipadukan dengan pagelaran seni.

Memasuki Gedung Mulyadi, suasana pedesaan Banyuwangi sangat kental. Para undangan harus melewati lorong penjor. Di sisi kiri dan kananya terdapat bangku-bangku panjang ala warung kopi. Jauh dari kemewahan, tapi justru itu yang berkesan.

Tidak jauh dari deretan bangku untuk undangan, berjajar gubuk-gubuk untuk menyimpan jajanan pasar, seperti : ronde, angsle, pecel, air jahe hangat dan sebagainya. “Suasanya ndeso banget, tapi sangat berkesan,” ujar salah satu pengunjung sambil menikmati hangatnya angsle.

Di sisi lain gedung Mulyadi, puluhan siswa Pusdikbanmin dengan cekatan menyiapkan makanan dan minuman hasil olahannya sendiri. Menurut Danpusdikkes Kolonel Laut (K) Kristanto, S.E., M.A.P., selaku Ketua Panitia Sertijab menyampaikan bahwa semua masakan dan minuman yang disajikan dalam acara ini adalah hasil olahan siswa. “Mereka sudah piawai dalam membuat masakan dan minuman dan rasanya cukup enak,” ujarnya.

Sambil menikmati makanan minuman hasil olahan siswa, para undangan disuguhi berbagai hiburan diantaranya tarian Umbul Umbul dan Grajakan dari Banyuwangi yang dibawakan oleh ibu-ibu Jalasenastri Kodiklatal dan paduan suara dari siswa-siswi Sekesal Kodiklatal. Menariknya, Ketua PG Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ina Darwanto turut ambil bagian dalam tarian tersebut.

 Dirdiklat Kolonel Laut (P) Deny Septiana S.Ip., M.A. dalam sambutanhya mengaku surprise dan bangga, acara ramah tamah dalam rangka sertijab bisa diselenggarakan semeriah ini. “Ini surprise, ini luar biasa, saya bangga bisa bergabung disini,” ujarnya. Sementara itu, Laksma TNI Greg. Agung W.D., M.Tr (Han) dalam sambutannya, menyampaikan perasaan bangga dan senangnya bisa berdinas di Kodiklatal karena suasanya sangat kondusif, guyub, lingkungan bersih dan asri, sehingga nyaman untuk berolah raga. “Saya berharap, kedepan Kodiklatal lebih jaya dan maju lagi,” harapnya.,

Sementara itu, Dankodiklatal Laksda TNI Darwanto dalam sambutannya menyampaikan selamat bertugas dan berpesan agar tetap membawa kebanggaan dan nama baik Kodiklatal di manapun bertugas. Sementara itu, kepada pejabat baru Komandan mengucapkan selamat datang dan meminta agar melaksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab, dalam rangka mencetak prajurit Kodiklatal yang bermoral, profesional dan berani.