Komandan Kodiklatal Resmikan Penggunnaan Peralatan Karawitan

Rabu, 11/04/2018 13:56 WIB

Kodiklatal, (11/4).

Komandan komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P didampingi ketua Gabungan Jalasenastri Ny. Ina Darwanto secara resmi meresmikan penggunaan tambahan peralatan kerawitan Sanggar Seni Tirto Gumelar Kodiklatal.

Peresmian yang digelar di gedung Sanggar Seni Tirto Gumelar Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) tersebut selain dihadiri Komandan Kodiklatal dan Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal juhga dihadiri Dirum, Dirjian, Dirdiklat Kodiklatal Komandan Kodikopsla, Inspektur dan Ketua sanggar Seni Tirto Gumelar Kolonel Marinir Ludy P. serta pengurus gabungan Jalasenastri Kodiklatal.

Acara diawali dengan pemukulan gong, penulisan kata-kata penyemangat dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Komandan Kodiklatal untuk selanjutnya diserahkan kepada perwakilan pengawak kerawitan. Adapun tambahan peralatan kerawaitan Sanggar Seni Tirto Gumelar tersebut adalah Gong, saron, demong dan bonang.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Kodiklatal menyampaikan dengan bertambahnya peralatan tersebut agar prajurit dan Pegawai Negeri sipil (PNS) Kodiklatal sebagai pengawak peralatan kerawitan tetap menjaga kondisi agar peralatan tersebut bertahan dalam waktu yang maksimal.

Disisi lain disampaikan bahwa dirinya merasa puas atas eksisitensi pengawak sanggar Seni Tirto Gumelar Kodiklatal yang mampu mempertahankan budaya Indonesia, dimana para generasi muda telah meninggalkannya. Kedepan sanggar seni tersebut agar dipertahankan bila perlu ditambah dengan kesenian tradisional indonesia lainya khususnya yang berhubungan dengan peralatan karawitan.

“untuk menambah kemampuan para prajurit selain belajar kahrawitan juga bisa memainkan kesenian banyuwangi, sunda dan keroncong serta budaya lainya yang berhubungan dengan alat musik tersebut.” Ajak Komandan Kodiklatal.