Pejabat Utama Kodiklatal Hadiri Puncak Peringatan Hardikal Ke-72 Tahun 2018

Rabu, 16/05/2018 12:07 WIB

Kodiklatal, (16/5).

            Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P dan pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal, para Direktur dan Komandan Kodik menghadiri puncak peringatan Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut (Hardikal) ke-72 Tahun 2018 yang dipusatkan di lapangan Laut Jawa Bumi Cipulir Seskoal Jakarta Selatan.

            Puncak  Peringatan Hardikal Ke-72 tahun 2018 yang dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi.SE,M.A.P tersebut melibatkan tujuh kompi pasukan dan satu kompi satuan musik. Adapun tema hari jadi pendidikan TNI AL tersebut adalah “Peran Lembaga Pendidikan TNI Angkatan Laut Membentuk Prajurit Yang Bermoral,Profesional dan Berani Menuju TNI Angkatan Laut Berkelas Dunia”.

Kepala Staff Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi S.E.. M.A.P dalam sambutanya menyampaikan bahwa upacara Hardikal tahun ini merupakan momentum untuk merefleksi dan mengevaluasi diri, sejauh mana TNI Angkatan Laut mampu mencetak sumber daya manusia yang profesional guna memenuhi pengawakan organisasi dalam menghadapi tantangan tugas ke depan yang semakin dinamis dan kompleks.

Kita Ketahui bersama, lanjut Kasal, bahwa pembinaan kekuatan TNI AL komponen SSAT terdiiri dari kapal perang, pesawat udara Angkatan Laut, Marinir dan Pangkalan serta Logistik. Sistem Komando dan pengendalian sangat tergantung kepada kesiapan sumber daya manusia yang mengawaki serta menjalankan organisasi.

Menurutnya, dinamika perkembangan lingkungan strategis, diwarnai dengan kemajuan pesat. Hal ini menuntut lembaga lembaga Pendidikan TNI AL untuk mampu menyelenggarakan sistem pendidikan yang beradaptasi memiliki tingkat unggulan kompetitif yang tinggi dalkam persaingan kemampuan perosnel Angkata Lautr secara Global.

“Kualitas manajemen, pembinaan dan penyelanggaraan baik di Kodiklatal, Akademi TNI AL, STTAL dan Seskoal harus disempurnakan. Delapan aspek dan sepuluh komponen pendidikan harus dapat diimplemantasikan pada kegiatan proses belajar mengajar guna pencapaian maksimal kualitas lulusan pendidikan Angkatan Laut,”pungkasnya.

Dalam kegiatan ini disematkan tanda kehormatan Presiden RI Satya Lancana Dwija Systa kepada Kolonel Marinir Aris Mudian yang keseharian menjabat sebagai Dosen SBS Forum Strategi Koordos Seskoal, Peltu PDK/W Yulianti yang kesehariannya menjadi Kaur Jasrek Siwatpers Subditpers Seskoal, dan Penata TK 1 Gol III/D Budi Niswantoro yang kesahariannya sebagai Kaur Catat Bagminu Setumal.

            Selain itu pada acara tersebut juga dilaksanakan  pemberian penghargaan kepada beberapa prajurit yang berprestasi diantaranya Letkol Laut (PIW) Runik Sri Arumdati Pengasuh Teladan AAL Tahun 2018, Letkol Marinir Akhmad Mukhroji, S.Pd, M.A.P Tenaga Pendidik Teladan AAL Tahun 2018, Kolonel Marinir Werijon Dosen Teladan Seskoal Tahun 2018,  Lettu Laut (P) Niko Ardiansyah lnstruktur Teladan Kodiklatal Tahun 2018, Serma Marinir Ari Antoko, A.Md Bingsis Teladan Kodiklatal Tahun 2018 Letkol (T) Dr. Okol Sri Suharyo, S.T., M.T Dosen Teladan STTAL Tahun 2018