Komandan Kodikmar dan Komandan Puslatmar Kodiklatal Diserahterimakan

Rabu, 23/05/2018 12:40 WIB

Kodiklatal, (23/5)

 Dua jabatan strategis di lingkungan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) diserah terimakan. Kedua jabatan tersebut adalah Komandan Komando Pendidikan Marinir (Dankodikmar) dan Komandan Pusat Latihan Marinir (Danpuslatmar). Serah terima jabatantersebut dipimpin langsung Wadan Kodiklatal Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M di Lapangan Laut MalukuKodiklatal Bumimoro Surabaya, Rabu, (23/5).

Jabatan Dankodikmar yang sempat kosong beberapa waktu lalu diserahterimakan dari Komandan Kodiklatal kepada Kolonel Marinir Siswoto,  sedangkan Kolonel Marinir Siswoto sebelumnya menjabat sebagai Komandan Komando Latihan Marinir (Dankolatmar). Sedangkan Komandan Puslatmar diserahterimakan dari Kolonel Marinir Bambang Hadi S., kepada Kolonel Marinir Kresno Pratowo. Kolonel Marinir Bambang Hadi. S, selanjutnya menempati jabatan Komandan Brigif 3 Lampung sedangkan Kolonel Marinir Kresno Pratowo sebelumnya menjabat Komandan Brigif 2 Jakarta.

Dankodikmar Kolonel Marinir Siswoto Putra kelahiran Kudus, 30 Desember 1966  merupakan alumni AAL 35 tahun 1989, mengawali kedinasan sebagai Danton 1 Yon 4 Brigif 2 Jakarta, sesdangkan beberapa jabatan startegis  yang telah diemban antara lain Pasi 1 Yon 1 Brigif 2 Jakarta, Dan yon Prov Menbanpur Surabaya, Kadisprov Kormar, Aslog Pasmar 2, Kadismat Kormar, Danlanmar Jakarta, Wadan Pasmar 1 Surabaya hingga jabatan terakhir Komandan Kolarmar.

Sedangkan Komandan Puslatmar Kolonel Marinir Krisno Pratowo adalah Putra Kelahiran Cilacap 15 Agustus 1974  merupakan Alumni AAL 42 tahun 1996 mengawali kedinasan sebagai Komandan Peleton 2 Yon Armed Marinir, Dan tim B Denjaka Kormar,  Pasops Denjaka Marinir, Danyonif 1 Brigif Mar 3, Dan Yonif 4 Brigif 2, Asops Pasmar 2 Jakarta, Danbrigif 2 Pasmar 2 Jakarta hingga Jabatan Danpuslatmar Kodiklatal.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P dalam sambutan yang dibacakan Wadan Kodiklatal menyampaikan, Jabatan Dankodikmar beberapa waktu lalu diserahterimakan kepada saya selaku komandan Kodiklatal, karena pejabat lama yakni Kolonel Marinir I Wayan Ariwijaya mendapat tugas pendidikan di Lemhannas, hari ini diserahterimakan kembali kepada Kolonel Marinir Siswoto selaku pejabat Komandan Kodikmar yang baru.

“Atas nama pribadi dan seluruh jajaran Kodiklatal saya mengucapkan selamat, semoga kepercayaan dan amanah dari pemimpin TNI AL mampu Kolonel laksanakan dengan penuh tanggung jawab yang diwujudkan dalam kontribusi positif berupa peningkatan kinerja ke arah yang semakin baik,” ujar Dankodiklatal.

Kodikmar bertugas melaksanakan pendidikan lanjutan perwira marinir, bintara dan tamtama marinir, pendidikan infanteri marinir, artileri marinir, kavaleri marinir dan pendidikan bantuan tempur marinir serta melaksanakan pengkajian dan pengembangan doktrin operasi militer perang (OMP) matra laut tingkat taktik serta mengkoordinasikan, mengawasi dan mengendalikan pusdik-pusdik di bawah Kodikmar Kodiklatal.

Dengan demikian, Kodikmar harus mampu memberikan pembekalan yang mantap kepada para siswa agar memenuhi tuntutan SDM yang berkualitas dalam upaya peningkatan kinerja organisasi pengguna, karena keberhasilan suatu tugas pada hakikatnya bertumpu pada kualitas personel pengawak organisasi secara menyeluruh, baik kualitas intelektual maupun moralnya yang dimulai dari lembaga pendidikan. “Oleh karena itu, tingkatkan jam komandan, lakukan pengawasan yang ketat, bangun komunikasi yang baik dengan seluruh anggota dan siswa serta pererat rasa kebersamaan dan kekeluargaan diantara anggota TNI/TNI Angkatan Laut,” ujarnya.

Serah terima jabatan pada hakikatnya merupakan wujud dari tuntutan dinamika organisasi. Makna yang terkandung adalah sebagai upaya kesinambungan kepemimpinan dalam melaksanakan pembinaan puslatmar sesuai dengan peran, tugas dan fungsi yang diembannya sebagai bagian dari eselon pelaksana Kodiklatal.

Puslatmar bertugas menyelenggarakan latihan integratif TNI AL sampai tingkat latihan Matra (Armada Jaya) yang dibebankan kepada Kodiklatal dalam bentuk posko maupun manuvra yang berupa latihan khusus marinir, latihan pasukan pendarat, latihan bantuan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) aspek darat dan latihan bersama marinir.

Sebagai pengawak lembaga pendidikan, kita harus mengoptimalkan setiap potensi dan sumber daya manusia yang dimiliki untuk secara bersama-sama mencetak dan meningkatkan profesionalisme prajurit matra laut yang bermoral, profesional dan berani. Sehubungan dengan upacara sertijab ini, selaku Komandan Kodiklatal saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Marinir Bambang Hadi S. yang telah bekerja keras menata kemampuan dan kesiapan Puslatmar, agar dapat bertugas dengan maksimal.

“Sebelum mengakhiri amanat ini, kepada seluruh pejabat staf Kodikmar dan Puslatmar, saya instruksikan agar tetap memberikan dukungan sepenuhnya kepada Komandan Kodikmar dan Puslatmar yang baru demi keberhasilan tugasnya,” ujar Dankodiklatal mengakhiri sambutannya.