Ribuan Prajurit dan PNS Kodiklatal Serbu Bazar Murah

Kamis, 07/06/2018 12:30 WIB

Kodiklatal, (7/6)        

Ribuan prajuritdan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan laut (Kodiklatal) menyerbustandbazar murah yang digelar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018 M. Bazar murah hasil kerjasama antara Kodiklatal dengan BRI Cabang Tanjung Perak Surabaya tersebut digelar dilapangan Martadinata Kesatrian Bumimoro Kodiklatal, Kamis, (7/6).

Hadir dalam acara bazar murah tersebut Direktur Umum (Dirum ) Kodiklatal Laksma TNI Bernard  Setyo Budiheruyono, Direktur Pengkajian dan Pengembangan (Dirjianbang) Kodiklatal Laksma TNI Budi Kalimantoro, Ir Kodiklatal, Kakuwil, para Komandan Kodik, Puslat dan para Komandan Pusdik dijajaran Kodiklatal. Selain itu hadir pula Kepala Cabang BRI Tanjung Perak Bapak Aim Aunul Hakim.

Stand bazar murah ini menyediakan paket sembako yang berisi beras 5 Kg, Gula Pasir 1 Kg, Minyak Goreng 1 Ltr dan 2 pak teh dengan harga Rp. 50.000,-. dan hanya diperuntukkan bagi prajurit strata Bintara, tamtama dan PNS. Adapun panitia bazar dalam kesempatan tersebut menyediakan paket sembako sebanyak 2.500 paket.

Pembukan bazar murah ini diawali dengan pembukaan, sambutan Komandan Kodiklatal, sambutan Kepala Cabang BRI Tanjung perak dan pembagian paket sembako secara simbolis oleh Kepala Cabang BRI Tanjung Perak yang didampingi Dirum Kodiklatal kepada perwakilan Bintara Tamtama dan PNS Kodiklatal.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P dalam sambutan yang dibacakan Dirum Kodiklatal Laksma TNIBernard  Setyo Budiheruyonomenyampaikan  seperti tahun-tahun sebelumnya, bila bulan ramadhan tiba, bazar lebaran akan menjadi suatu kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat luas khususnya umat muslim sebagai persiapan untuk menyambut hari raya idul fitri.

Pengunjung bazar berharap komoditi yang dijual murah harganya dan kualitasnya tetap terjaga karena sudah menjadi hukum pasar bahwa pada saat menjelang bulan ramadhan dan lebaran tiba harga barang-barang konsumsi menjadi naik dikarenakan sisi permintaan yang meningkat. Untuk memenuhi kenaikan permintaan tersebut, tidak cukup hanya mengandalikan ketersediaan stok pasar, tapi juga harus didukung oleh pendistribusian yang tepat sasaran.

Dengan demikian, di saat permintaan sedang meningkat, tak jarang barang yang dibutuhkan tiba-tiba menjadi langka di pasaran. Oleh karena itu, Komandan Kodiklatal bekerja sama dengan Bank BRI menyelenggarakan bazar murah, dengan tujuan untuk membantu prajurit dan PNS Kodiklatal dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari selama bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri dengan harga yang lebih murah dan terjangkau, khususnya untuk bintara, tamtama dan PNS sederajat yang akan menerima subsidi sebesar 50 %.

Selaku komandan Kodiklatal dirinya mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas peran serta Bank BRI dalam mendukung kegiatan bazar lebaran ini dengan memberikan pelayanan transaksi keuangan non tunai serta penukaran uang baru yang diberikan kepada warga Kodiklatal. Kegiatan semacam ini, merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Kodiklatal sejak adanya pelaksanaan pembayaran gaji melalui payrole, sehingga saya berharap, ke depan kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja melainkan dapat terlaksana tiap tahun secara rutin.

Pada kesempatan tersebut Komandan Kodiklatal mengingatkan kepada para prajurit dan PNS Kodiklatal, agar mampu menggunakan uang secara bijak. Gaji dan THR yang telah diterima, tidak harus dibelanjakan dengan boros, karena perjalanan waktu masih panjang. Setelah lebaran idul fitri, masih sangat membutuhkan dana untuk biaya sekolah dan lain-lain.