Wadan Kodiklatal Tutup Pendidikan Pembentukan Bintara Singkat TA2018

Jumat, 08/06/2018 12:33 WIB

Kodiklatal, (8/6).

Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M mewakili Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto S.H., M.A.P secara resmi menutup Pendidikan Pembentukan Bintara Singkat (Diktukbakat) TNI AL TA 2018. Penutupan sekaligus pelantikan Bintara dengan pangkat Sersan Dua (Serda) tersebut diikuti 209 peserta dan dilaksanakan di lapangan Candradimuka Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) Kodiklatal yang berlokasi di Juanda Sidoarjo.

            Hadir dalam acara penutupan tersebut para pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Dirdok Laksma TNI Budi Purwanto, S.T., M.M, Dirdiklat Laksma TNI Deny Septiana S.Ip., M.A.P, Dirjianbang Laksma TNI Budi Kalimantoro , Dirum Laksma TNI Bernard  Setyo Budiheruyono,Dankodikopsla Laksma TNI Maman Firmansyah,Inspektur Kodiklatal, para Komandan Kodik dan Puslat serta para komnadan Pusdik dijajaran Kodiklatal.

          Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P dalam sambutan yang dibacakan Wadan Kodiklatal Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M menyampaikan selaku Komandan Kodiklatal, dirinya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan kepada seluruh hadirin undangan dan peserta upacara khususnya para siswa Diktukbakat TA. 2018 yang melaksanakannya. Semoga ibadah puasa ramadhan tidak mengurangi semangat para siswa dalam melaksanakan kegiatan pendidikan.


 Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih dan selamat atas pelantikan para siswa menjadi bintara TNI AL dengan pangkat sersan dua. Saya berharap, semua materi yang telah diterima selama 2 bulan mampu dipahami seutuhnya tidak hanya pada saat menempuh pendidikan, namun bekal tersebut dapat diterapkan dengan baik dan benar dimanapun saudara bertugas nantinya.



Perlu disadari bahwa dibalik keberhasilan tersebut, para siswa akan dihadapkan pada tugas-tugas yang semakin berat, karena bintara sebagai tulang punggung kesatuan, diharapkan mampu menjembatani hubungan antara pemimpin dan anak buah. Pada satu sisi, seorang bintara harus dapat menerjemahkan setiap kebijakan pemimpin kepada anak buahnya, dan di sisi yang lain seorang bintara juga harus dapat bertindak sebagai pemimpin bagi para tamtama.

 

Oleh karena itu, beralihnya status menjadi bintara, hendaknya diimbangi dengan peningkatan kemampuan, sikap, dedikasi, loyalitas serta pola pikir, pola sikap dan pola tindak dari seorang tamtama menjadi seorang bintara TNI AL yang bermoral, profesional dan berani. Gunakan ilmu yang telah diperoleh selama dalam pendidikan dan kembangkan sesuai bidang masing-masing agar saudara tidak tertinggal dengan para bintara muda yang berasal dari pendidikan pertama.

               Acara penutupan dan pelantikan Pendidikan Pembentukan Bintara Singkat tersebut juga dimeriahkan dengan demo dari mantan siswa antara lain, Peraturan Baris Berbaris Bersenjata, bela diri militer dan simulasi pembebasan sandera.