Latopsduk TA 2018 di Kodiklatal Resmi di Tutup

Jumat, 08/06/2018 12:55 WIB

Kodiklatal, (8/6).

Latihan Operasi Dukungan (Latopsduk) TA 2018 di Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang melibatkan 141 Prajurit TNI AL dari beberapa Satuan Kerja Komando Utama TNI AL resmi ditutup.

Penutupan latihan yang dilaksanakan di gedung Betelgeuse Pusdiklapa Kesatrian Bumimoro Kodiklatal tersebut dipimpin langsung Wadan Kodiklatal Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M, Kamis, (8/6).

Hadir dalam acara penutupan tersebut para pejabat Utama Kodiklatal diantaranya para Direktur Kodiklatal, Inspektur Kodiklatal, para Komandan Kodik dan Puslat dijajaran Kodiklatal.

 

Kepala Setap Angkatan Laut Laksamana Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dalam sambutan yang dibacakan Wadan Kodiklatal menyampaikan bahwa Latihan operasi dukungan tahun 2018, yang dilaksanakan sejak tanggal 4 sampai dengan 7 juni 2018, merupakan latihan untuk meningkatkan kemampuan perwira dalam melaksanakan perencanaan operasi dukungan intelijen, operasi dukungan kesehatan dan operasi dukungan psikologi serta operasi dukungan Angkutan Laut dalam operasi gabungan TNI.

 

Menurutnya latihan tersebut merupakan wahana yang sangat efektif untuk menghasilkan perwira-perwira yang cakap dan terampil dalam merencanakan operasi-operasi dukungan dalam rangka mendukung operasi TNI Angkatan Laut dan operasi gabungan TNI.

 

Lebih lanjut disampaikan bahwa keberhasilan latihan ini bukan hanya ditentukan oleh hasil dari produk latihan, namun kesungguhan dan semangat peserta latihan menjadi faktor yang paling penting. Dengan kesungguhan dan semangat yang tinggi akan memberikan output positif terutama pada implementasi operasi yang sesungguhnya.

 

Orang nomor satu dijajaran Kodiklatal ini bersyukur bahwa latihan ini dapat terlaksana sesuai rencana. Adapun kekurangan selama latihan hendaknya tidak dijadikan kendala untuk menurunkan kualitas latihan, namun dijadikan peluang untuk lebih meningkatkan semangat berlatih. Dirinya juga berharap, semua temuan pada saat latihan dapat dievaluasi dan dijadikan masukan kepada pimpinan TNI Angkatan Laut, untuk kesempurnaan latihan selanjutnya.