KOMANDAN KODIKLATAL TUTUP PENDIDIKAN LANJUTAN PERWIRA ANGKATAN KE-27

Jumat, 07/09/2018 13:02 WIB

 

Kodiklatal, (6/9).

Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P secara resmi menutup program Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) TNI Angkatan Laut angkatan ke-27  TA. 2018yang diikuti 120peserta, dilaksanakan di gedung Martadinata Kesatrian Bumimoro, Kodiklatal.

Dari 120orang peserta tersebut terdiri kejuruan Komando Umum (Koum) yang seluruhnya Korps Pelaut, kejuruan  Komando Tempur (Kopur) terdiri Korps Marinir dan kejuruan Bantuan Tempur (Banpur) yang berasal dari korps Teknik, Elektro, Suplay, Khusus, Kesehatan dan Pomal.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P dalam sambutanya menyampaikan selaku Komandan Kodiklatal dirinya mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa dalam menyelesaikan pendidikan dengan lancar. Terlebih kepada Kapten Laut (P) Yohanes Kristanto, S.T dari jurusan Koum yang telah berhasil meraih prestasi sebagai perwira terbaik sekaligus meraih penghargaan “Adhi Jala Yudha.”

Kepada para seluruh mantan siswa, Dankodiklatal ini berharap semua pengetahuan berupa teori, doktrin, strategi dan kebijakan pemimpin Angkatan Laut serta kegiatan yang terakhir yaitu Lattek Olah Yudha Operasi Amphibi dan operasi pendaratan administrasi dapat dipahami dengan baik agar menjadi bekal berharga dalam melaksanakan tugas-tugas kedepan yang semkin kompleks.

Menurutnya TNI Angkatan laut dalam melaksanakan peran fungsinya sesuai undang-undang Nomor 34 tahun 2004, bergantung pada kemampuan dan kekuatan yang didukung oleh sumber daya yang tersedia serta profesionalisme prajurit matra laut, yang diharapkan selalu siap dapat melaksanakan tugas dimanapun berada.

“Oleh karena itu Output Diklapa Kodiklatal harus benar-benar berkualitas dan memenuhi standart kompetensi sesuai bidang tugasnya. Alumni Diklapa ini diproyeksikan untuk menduduki jabatan Pamen yang memiliki kermampuan tugas pada tataran taktis operasi dan manajerial staf profesional dalam menghadapi dinamika globalisasi,” tegas Komandan Kodiklatal.

Sehubungan dengan hal tersebut lanjut Dankodiklatal para perwira hendaknya memiliki kemauan untuk selalu mengembangkan diri dalam meningkatkan kualitas kemapuan sebagai pemimpin yang andal dan disegani, melalui berbagai ilmu dan cara yang selaras dengan perkembangan pengetahuan maupun teknologi yang cenderung meningkat dengan pesat dan dinamis.

Hadir dalam penutupan pendidikan tersebut para pejabat utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M, Dirdiklat Laksma TNI Deny Septiana S.Ip., M.A.P, Dirum Laksma TNI Bernard  Setyo Budiheruyono, Dirjianbang Laksma TNI Budi Kalimantoro,Dirdok Laksma TNI Budi Purwanto, S.T., M.M, Dankodikopsla Laksma TNI Maman Firmansyahserta pejabat Kodiklatal utama lainya.