RIBUAN PRAJURIT KODIKLATAL PERINGATI HUT TNI AL KE-73TAHUN 2018

Senin, 10/09/2018 13:37 WIB

 

Kodiklatal, (10/9).

Seluruh prajurit Anggota Tetap (Antap), Siswa dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kodiklatal melaksanakan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AL ke-73Tahun 2018. Upacara yang dipusatkan di Lapangan Laut Maluku Kestarian Bumimoro tersebut dipimpin langsung Direktur Umum Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dirum Kodiklatal) Laksma TNI Bernhard Setya Budiheruyono.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dalam amanat yang dibacakan Dirum Kodiklatal menyampaikan bahwapelaksanaan upacara hari ini memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut, karena berdasarkan fakta sejarah pada tanggal 10 september 1945 merupakan tonggak berdirinya TNI Angkatan Laut yang kita cintai dan banggakan ini. Dalam kurun waktu 73 tahun, telah banyak pengorbanan jiwa dan raga dari para pejuang pendahulu kita, untuk memperjuangkan dan mempertahankan NKRI  melalui laut.

Lebih lanjut disampaikan, sebagai generasi penerus sudah sepantasnya kita harus meneladani semangat patriotisme, keikhlasan dan pengorbanan para pejuang pendiri Angkatan Laut. Wujud pengabdian tersebut dapat diimplementasikan melalui dedikasi, loyalitas dan kerja keras serta mencurahkan segenap kemampuan yang kita miliki demi kejayaan Angkatan Laut.

“Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, indonesia memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Sumber daya laut kita sangat melimpah, namun belum dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan rakyat indonesia,” ujarnya.

Sebagai bentuk kepedulian TNI AL terhadap permasalahan bangsa tersebut, tepat kiranya pada peringatan hari jadi kali ini tema yang diambil yaitu “bersama rakyat TNI Angkatan Laut siap membangun bangsa guna mewujudkan kesejahteraan melalui laut”.

Makna dari tema tersebut adalah, TNI AL bersama segenap komponen bangsa akan berusaha sekuat tenaga, mengembalikan jati diri bangsa sebagai bangsa maritim yang berjaya di laut.

Sebelum mengakhiri amanat,  Kasal memberikan beberapa penekanan, yaitu tingkatkan terus kualitas diri sebagai prajurit TNI AL yang profesional, pedomani sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI dan Trisila TNI AL. Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, disertai kerelaan berkorban dan integritas yang tinggi dalam setiap pengabdian kita kepada rakyat, bangsa dan negara, pelihara Alutsista yang dipercayakan negara dengan baik, agar tetap dapat mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas secara optimal, serta, tingkatkan kewaspadaan dan antisipasi terhadap perkembangan lingkungan strategis yang selalu bergerak dinamis, agar kita dapat bertindak proaktif dalam mengatasi setiap permasalahan yang dapat merugikan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.