Prajurit Kodiklatal Peringati HUT TNI Tahun 2018

Jumat, 05/10/2018 11:00 WIB

Kodiklatal, (5/10).

Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P secara resmi memimpin jalannya upacara peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI ) ke-73tahun 2018Prajurit Kodiklatal yang dipusatkan di Lapangan Laut Maluku Kesatrian Bumimoro Kodiklatal, Jumat, (5/10).

Peringatan HUT TNI ke 73 tahun 2018 ini selain dihadiri Prajurit antap, prajurit siswa dan PNS Kodiklatal juga dihadiri Pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Dirdiklat Laksma TNI Deny Septiana S.Ip., M.A.P, Dirum Laksma TNI Bernard  Setya Budiheruyono, Dirjianbang Laksma TNI Budi Kalimantoro, serta para Komandan Kodik, Puslat dan Para Komandan Pusdik dijajaran Kodiklatal.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, S.I.P dalam amanat yang dibacakan Komandan Kodiklatal menyampaikan dihari Jadi ke 73 ini marilah memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar meringankan beban yang menimpa saudara kita di Palu, Donggala, Sigi dan parigi Moutong demikijan pula beban yang masih diderita saudara kita di Lombok semoga diberi kekuatan dan ketabahan dalam upaya memulihkan kembali kondisi sebagai mana sedia kala.

TNI bersama sama sebagai Komponen bangsa telah bahu membahu berupaya sekuat tenaga meringankan beban yang diderita saudara-saudara kita, dengan mengerahkan personil dan alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama pelaksanaan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap. Hal ini sebagai bentuk profesionalisme TNI.

Adapun tema yang diambil dalam peringatan HUT TNI tahun ini adalah Profesionalisme TNI Untuk Rakyat. Tema singkat namun padat ini mengandung makna bahwa TNI senantiasa ditingkatkan profesionalisme melalui berbagai pendidikan, latihan, pemenuhan persenjataan alutsista serta dipenuhi kesejahteraannya oleh negara, hanya semata-mata untuk seluruh rakyat Indonesia.

Profesionalisme TNI diwujudkan dalam pelaksanaan operasi dan kegiatan-kegiatan serta latihan TNI dalam rangka menjalankan tugas pokok yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah serta melindungi segenap bangas dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan.

Dalam tugas tugas selain perang, TNI juga terlibat dalam pengamanan pemilu. TNI berkomitmen menjaga netralitas dalam pelaksanan Pemilu tahun 2019. Kesuksesan pengamanan Pilkada 2017 dan 2018 menjadi batu pijakan dalam pengamanan pemilu legislatif dan pemilihan presiden tahun 2019.

Selain mengikuti Upacara HUT TNI di Bumimoro, prajurit Kodiklatal juga melaksanakan upacara di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya yang merupakan upacara HUT TNI se Garnezun Tetap (Gartap) III Surabaya dengan Inspektur Upacara Pangdam V Brawijawa Mayjen TNI Arip Rahman.